Minggu, 10 November 2013

MEMILIH TEMAN DI JEJARING SOSIAL

Jejaring sosial atau sering disebut dunia maya merupakan alat pertemanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan di dunia. Bermula dari pertemanan lewat jejaring sosial, tidak sedikit dari mereka berlanjut ke kehidupan nyata, bahkan ada yang menjalin hubungan yang serius


Namun, belakangan sering kita dengar maraknya kriminalitas yang berwal dari dunia pertemanan tersebut. Perkosaan, perampokan, penipuan, dll adalah contoh kecil dari kasus kriminal yang dimulai dari pertemanan lewat jejaring sosial tersebut.
Kita juga perlu tau bahwa tidak semua orang yang menggunakan jejaring sosial itu mempunyai niat baik atau tidak semua orang-orang itu memiliki sikap dan sifat yang baik. Maka dari itu ada perlunya jika kita berhati-hati dalam memilih teman lewat dunia maya tersebut.





Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih pertemanan lewat jejaring sosial, agar kita tidak menjadi korban berikutnya. Tips itu antara lain :
1.      Tentukan atau cari tahu tentang keaslian data yang diberikan oleh teman di dunia maya.
2.      Apabila hendak kopi darat atau ketemuan hendaknya dilakukan dirumah, sebelum kita tahu sifat asli teman tersebut.
3.      Jangan mudah percaya dengan janji atau rayuan manis.
4.      Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk ketemuan.
5.      Kasih tahu kepada keluarga kalau kita mempunyai teman di jejaring sosial yang akan mengajak ketemuan. Ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan.
6.      Jangan mudah memberikan sesuatu kepada teman di jejaring sosial sebelum semuanya jelas. Bisa saja anda sedang mengalami penipuan.
7.      Apabila ketemuan dilakukan diluar rumah, hendaknya kita tidak tidak sendiri, ajaklah orang yang kita anggap mampu melindungi kita.
8.      Jangan mau kalau di ajak jadian sebelum kita mengetahui seluk beluk atau latar belakang orang tersebut. Hal ini yang sering diabaikan oleh kita, padahal kebanyakan kejahatan yang dialami oleh korban adalah bermula dari hal tersebut.
9.      Berhati-hati dan selalu waspada dengan teman jejaring sosial kita.

Itulah tips yang semoga bisa membantu anda agar lebih berhati-hati dalam memilih dan memilah teman lewat  jejaring sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar